Kamis, 19 Januari 2012

Sosial



ALMADROSUL FATIH RINTIS METODE KULIAHAN

     Pondok pesantren Almadrosul Fatih yang terletak di Desa Sidorejo Sedan, saat ini tengah berupaya menggunakan metode belajar santri seperti yang didapatkan oleh anak kuliah. Hal itu seperti yang disampaikan oleh pengasuhnya KH Haizul Maali, Sabtu (14/1) di Sedan.
     Menurut ulama berpengaruh ini, dalam era saat ini pesantren harus bisa bersaing positifi dengan lembaga pendidikan lainnya dalam menggunakan meode pembelajaran. Untuk itu Maali secara kontekstual, saat ini mulai merintis metode tersebut dalam proses pembelajaran ilmu agam di pesantrennya.
     “Ya saya kira seperti kampus-kampus umum arahnya. Ada materi ushuludin, tafsir dan Syariah. Hal ini sebenarnya sudah berlangsung beberapa bulan yang lalu,” terangnya kepada wartawan.
     Maali menjelaskan, kuliah yang dijadwalkan untuk para santrinya adalah setiap pagi selama emapat hari dalam seminggu. Saat ini ia mengaku memiliki sekitar 40 santri, semuanya putra, yang sudah masuk dalam tahapan pembelajaran seperti metode kuliah.
     “Istilahnya ya ini tahapan tertinggi di pesantren ini. Saya yakin ke depan hal ini akan mempunyai nilai positif bagi dunia kepesantrenan,” pangkasnya. (Ilyas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar