Jumat, 09 Maret 2012

SMK TANAMKAN LIFE SKILL DINI PADA ANAK


SMK TANAMKAN LIFE SKILL DINI PADA ANAK

Rembang - Sekolah model kejuruan atau lebih sering dikenal dengan sebutan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dianggap oleh sejumlah pihak mampu menanamkan serta mengajarkan life skill secara dini kepada anak. Hal ini seperti yang disampaikan oleh salah seorang praktisi pendidikan Rembang Wiyono, Sabtu (9/3).
Menurut Wiyono keberadaan sekolah model kejuruan sejauh ini terbukti ampuh memberikan kemampuan kepada siswa terhadap segala bidang yang dibutuhkan pada konteks kehidupan nyata. Ia percaya, keberadaannya akan sangat membantu dalam mengembangkan potensi serta daya kreasi yang sesungguhnya sudah dimiliki oleh setiap anak.
“Sejauh ini dalam pandangan saya keberadaan sekolah model kejuruan sangat ampuh membekali anak menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin global,” katanya.
Wiyono, yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SMKN Sale ini mengungkapkan, dirinya sepakat langkah pemerintah yang mengusulkan agar kuantitas sekolah-sekolah model tersebut lebih diperbanyak sebagai salah satu langkah nyata membekali generasi muda dengan skill practic. Dengan hal itu, ia sangat yakin siswa yang belajar serius di sekolah model kejuruan tidak akan bingung ketika keluar sekolah, dan secara umum akan siap kerja.
“Anak-anak keluaran sekolah kejuruan yang belajar secara serius sudah pasti akan mendapatkan bekal kemampuan yang bisa digunakan untuk bekerja,” tuturnya.
Wiyono mencontohkan, SMKN Sale yang ia pimpin saat ini sudah mulai mengeksplorasi secara positif segala potensi yang dimiliki oleh anak sesuai dengan bidang yang diberikan oleh sekolah. salah satunya, kata dia, adalah beberapa hasil karya siswa berupa desaign, seperti PIN, Mug dan lainnya yang sudah mulai merambah pasar dan terbukti cukup diminati.
“Alhamdulilah sejauh ini hasil beberapa karya siswa kejuruan cukup menjanjikan dan membanggakan. Seperti di SMKN Sale yang dalam waktu dekat mendapatkan pesanan 1000 PIN dari salah satu penggiat pramuka di Sale. dan saya kira semua sekolah model kejuruan juga menghasilkan prestasi yang sama dengan model berbeda,” jelasnya panjang lebar. (Ilyas) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar