Jumat, 16 Maret 2012

INI DIA 4 KARAKTER PEMIMPIN YANG BAIK


INI DIA 4 KARAKTER PEMIMPIN YANG BAIK

KH Haizul Maali kembali menyuarakan pendapat. Kali ini ulama berpengaruh Sedan, Rembang yang tidak pernah mau diambil gambarnya itu berpendapat mengenai 4 karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik.
Maali mengungkapkan, seorang pemimpin yang baik harus memiliki beberapa kriteria, pertama, seoarang pemimpin wajib peduli terhadap rakyatnya. dengan kata lain seoang pemimpin harus tahu apa dan bagaimana segala sesuatu dibutuhkan oleh rakyat, karena pemimpin menurutnya adalah pelayan rakyat.
“Pertama pemimpin yang baik itu harus memiliki kepedulian tinggi terhadap nasib rakyatnya. semua hal yang diperlukan oleh rakyat, harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh oleh pemimpin,” jelasnya.
Sedangkan kriteria selanjunya, kata Maali, seorang pemimpin harus bertindak berdasarkan azas manfaat. Azas manfaat yang dimaksud Maali adalah berhubungan dengan segala kebijakan yang dikeluarkannya yang harus sesuai dengan tujuan serta manfaat yang jelas.
“Sedangkan kriteria ketiga menurut saya, seorang pemimpin harus mementingkan kemaslahatan (kebaikan) rakyat. Jika aspek kemaslahatan di kedepankan, maka semua hal yang dilakukan oleh pemimpin melalui sebuah kebijakan akan bisa membawa kebaikan bagi semua orang,” terangnya.
Maali menjelaskan, selain tiga kriteria yang sudah disebut masih ada satu lagi yang juga harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu seorang pemimpin wajib jujur sesuai dengan kemampuan. Saat ditanya maksud dari kriteria keempat, ia dengan santai menjawab bahwa seorang pemimpin harus jujur dan apa-adanya dalam setiap bertindak dan menghasilkan sebuah keputusan. Keputusan yang dihasikan oleh seorang pemimpin, jelas dia, harus benar-benar mampu untuk menghasilkan perubahan dan perbaikan yang lebih dari sebelumnya.
Ia menambahkan, bahwa sosok pemimpin mutlak diperlukan dan sangat penting bagi kelangsungan hidup umat. Dirinya mencontohkan pada saat Nabi Muhamad wafat pada hari Senin, jenazah baru dimakamkan pada Selasa malam karena para sahabat menyiapkan dan mencari kata sepakat seputar pengganti Nabi.
“Itu adalah contoh bahwa sosok seorang pemimpin mutlak diperlukan, bagi siapapun dan dimanapun,” pangkasnya. (Ilyas)

1 komentar:

  1. Artikelnya bagusss...
    Pemimpin memiliki peran yang sangat vital dalam organisasi. keberlangsungan hidup sebuah organisasi tergantung dari karakter pemimpinnya.
    Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai karakteristik kepemimpinan yang dapat dijadikan teladan.
    Klik --> Makalah Peran Kepemimpinan dalam Kinerja Martha Tilaar

    BalasHapus